Selasa, 30 Juli 2013

Cara mengambil gambar/screenshot dari tampilan komputer/laptop

         
        Trik yang akan saya bagikan kali ini termasuk trik yang sangat sederhana dan mungkin telah diketahui oleh banyak orang. Namun bagi sebagian orang yang lain mungkin menganggap bahwa meskipun sederhana, trik ini memiliki manfaat yang sangat banyak.



         Trik yang saya maksud adalah membuat screenshot tampilan komputer. Screenshot sering juga disebut dengan printscreen atau screengrab. Saya adalah termasuk orang yang sangat sering memanfaatkan fasilitas yang diberikan windows ini, khususnya dalam membuat gambar-gambar untuk posting dalam blog saya ini.

         Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat atau meng-capture screenshot pada komputer kita, tapi yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan tombol "print screen" dan program Paint.

  • Setelah menentukan tampilan yang ingin di-capture, tekan tombol "print screen" atau biasa juga dengan tulisan "prt sc". Untuk keyboard yang diproduksi saat ini dan beberapa tahun terakhir rasanya pasti memiliki tombol ini. 
                                                                     keyboard komputer
                                       
  • Sekarang buka program "paint" dan tekan kombinasi tombol "ctrl + v" (paste). 
  • Tampilan yang tadi anda capture sekarang sudah ada pada program "paint", silakan pilih (potong) gambar yang anda inginkan dan tekan "ctrl + x" (cut).
  • Klik "File > New", tekan "ctrl + v" (paste) di halaman ini.
  • Silakan tekan tombol "ctrl + s" untuk menyimpan gambar yang dimaksud. Silakan pilih format gambar yang anda inginkan. Secara default, format yang ditawarkan adalah "BMP". Karena ukuran file-nya yang begitu besar, saya lebih senang menggunakan format "JPG".
          Hampir semua keyboard yang saat ini beredar di pasaran memiliki tombol "print screen", kalaupun tidak dengan tombol sendiri, biasanya terintegrasi dengan tombol yang lain sehingga untuk menggunakannya harus dikombinasikan dengan tombol "fn", pada laptop biasanya terdapat pada bagian atas pojok kanan. 



Semoga Bermanfaat







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar di sini